MANFAAT KACANG HIJAU / BENEFITS OF GREEN BEANS


MANFAAT KACANG HIJAU
Diantara sekian banyak jenis makanan kacang hijau (Phaseolus radiatus) menjadi salah satu yang paling mudah dijumpai. Dikenal pula dengan nama green gram, mung bean, atau green soy, kacang hijau dapat diolah menjadi aneka makanan serta minuman yang nikmat. Lebih-lebih harga yang relative murah, membuatnya semakin popular  di mana pun.

Dibalik bentuknya yang kecil, kacang hijau memiliki kandungan vitamin dan gizi yang padat. Tak heran jika konsumsi  kacang hijau menjadi salah satu saran yang kerap terdengar untuk menjaga kesehatan. Bahkan untuk memperkenalkannya pada masyarakat lebih luas dan dimasukkan dalam pola kehidupan sehari-hari, dalam setiap acara posyandu, bahan makanan yang diperkirakan berasal dari India ini tak pernah luput diberikan pada balita.

Vitamin yang paling menonjol di dalam kacang hijau adalah B1 dan B2 yang pada awalnya vitamin B1 (tiamin) dikenal sebagai anti beri-beri serta dinilai bermanfaat juga untuk membantu proses pertumbuhan seseorang. Di samping itu, vitamin B1 juga berfungsi untuk memaksimalkan pengubahan karbohidrat menjadi energy, sehingga kacang hijau bisa menjadi sumber pembangkit stamina. Demikian pula vitamin B2 (riboflavin) yang juga berperan penting dalam pertumbuhan.

Mengonsumsi kacang hijau ini pun telah lama menjadi bagian dari kudapan harian. Tak sulit untuk mencari bubur kacang hijau yang biasanya disajikan dengan racikan ketan hitam dan susu. Kalau pun tak mau repot membuat bubur kacang hijau, bisa juga dengan menenggak air rebusannya.

Di sisi lain, kacang hijau juga kerap menjadi pelengkap dalam makanan dan minuman seperti es, kue, atau sebagai bahan tambahan dalam es campur atau es teler. Jadi, apakah Anda sudah mengonsumsi kacang hijau hari ini ?
Sumber : Kompas Klasika (Gerai Fit), 19 April 2011

BENEFITS OF GREEN BEANS
Among the many types of food green beans (Phaseolus radiatus) has become one of the most easy to find. Also known as greengram, mung bean, or green soy, green beans can be processed into various foods and drinks are delicious. More-over a relatively cheap price, making it increasingly popular everywhere.

Behind its small, green beans contain vitamins and nutrients thatsolid. No wonder the consumption of green beans into one of thefrequently heard advice for staying healthy. Even to introduce them into the broader society and be included in the patterns of everyday life, in any event posyandu, food that is thought to have originatedfrom India is never given to the children escaped.

Vitamins are the most prominent in the green beans are the B1 andB2 which were initially vitamin B1 (thiamine) is known as theanti-beri-beri and considered useful also to help one's growthprocess. In addition, vitamin B1 also serves to maximize the conversion of carbohydrates into energy, so that green beans canbe a source of power stamina. Similarly, vitamin B2 (riboflavin) isalso instrumental in the growth.

Eating green beans, it has long been a part of a daily snack. Not hard to find green bean porridge is usually served with black riceand milk concoction. If one did not bother to make a green bean porridge, can also by drinking boiled water.

On the other hand, the green beans are also often a complement tothe foods and beverages such as ice, cake, or as additives inmixed ice or ice stoned. So, whether you are eating green beanstoday?
Sources: Kompas Klasika (Fit outlets), 19 April 2011

Popular posts from this blog

Resolusi 2023

NAMA ILMIAH PADI – JAGUNG – KEDELAI

Nama Ilmiah Cabai