TAOGE, SAYURAN PENGURAS KOTORAN USUS BESAR

Ilustrasi
TAOGE, SAYURAN PENGURAS KOTORAN USUS BESAR
Taoge merupakan kecambah yang berasal dari segala tanaman biji-bijian. Taoge yang banyak dikenal masyarakat banyak yang berasal dari kacang hijau. Bentuk kecambah diperoleh setelah biji-bijian tersebut diproses dalam beberapa hari, bahkan semalam seperti kecambah yang dihasilkan dari kacang hijau atau kacang kedelai. Dibanding jenis sayuran lainnya kecambah taoge tergolong kecil, namun dibalik itu manfaat yang tidak kecil bisa diperoleh dari kecambah. Contohnya taoge dapat mencegah kanker, karena proses menjadi taoge telah menguraikan 90 persen rantai olisakarida menjadi karbohidrat sederhana. Senyawa tersebut mudah diserap tubuh tanpa menghasilkan gas.

Taoge banyak mengandung serat dan air, taoge membantu pengurasan kotoran dalam usus besar. Hal ini menjadi kekuatan ganda taoge dalam dalam memerangi kanker, sebab serat dalam taoge ini mendorong kotoran untuk meninggalkan usus besar, sehingga tak ada lagi zat-zat racun dalam tubuh dan juga hal ini menumpuknya zat racun yang dapat merangsang berseminya benih kanker. Taoge memang mengandung bahan yang dapat melumpuhkan bibit kanker usus besar, pancreas dan penyakit leukemia. Taoge dan jenis kacang hijau, alfalfa dan sebagainya mengandung banyak unsure fitokimia yang banyak memiliki khasiat.
Selain itu taoge juga banyak memiliki estrogen asli yang berfungsi sama dengan estrogen sintetis. Estrogen dalam taoge dapat meningkatkan kepadatan dan susunan tulang serta mencegah kerapuhan tulang (osteoporosis). Meski taoge bisa dikonsumsi dalam keadaan mentah atau setengah matang, tapi alangkah baiknya dimasak sampai matang agar dicerna tubuh dengan baik.
Sumber : Koran Pak Oles (Herbal), 16-30 Juni 2012, hal. 9

Popular posts from this blog

Resolusi 2023

NAMA ILMIAH PADI – JAGUNG – KEDELAI

Nama Ilmiah Cabai