MEMILIH BUAH YANG SEGAR

Ilustrasi
Selain sebagai salah satu bahan yang dianjurkan dalam porsi makan, buah-buahan memang diminati oleh sebagian besar orang. Rasanya yang nikmat dan segar berikut vitamin yang terdapat didalamnya menjadi alasan mengapa buah-buahan yang jenisnya sangat beragam banyak dikonsumsi.


Namun untuk memilih buah-buahan mana yang paling baik tidaklah mudah. Karena saat memilih, penampakan luar buah tidak bisa dijadikan satu-satunya patokan. Berikut ini langkah yang dapat anda coba untuk memilih beberapa buah yang segar.
  1. Sebagai buah yang kerap dijadikan makanan penutup, semangka yang dikenal memiliki banyak kandungan air sudah diminati sejak zaman dulu (konon semangka sudah ditanam ribuan tahun yang lalu oleh bangsa Mesir, terbukti dengan adanya gambar buah ini pada dinding makam pharaoh). Untuk memilih semangka yang segar anda tinggal menepuk bagian luar dan dengarkan bunyi yang keluar. Jika suara yang terdengar terasa berisi, maka itu semangka yang baik. Namun jika anda ingin mencari semangka uang benar-benar manis rasanya pilihlah yang ada sedikit bekas gigitan serangga. Hal ini karena bau harum yang dikeluarkan semangka akan mengundang serangga seperti lebah yang mencoba untuk menyedot sumber bau harum tadi. 
  2. Sebagai buah tropis yang terkenal, zat anti oksidan yang terkandung di dalam nanas bermanfaat untuk menekan pertumbuhan radikal bebas dalam tubuh. Selain itu kandungan serotoninnya berperan mencegah kanker dan menghalau stress.
  3. Saat hendak memilih nanas, tariklah daun nanas perlahan. Jika anda bisa dengan mudah mencabut daunnya, itu menandakan nanas tersebut manis dan matang, jika berbau wangi jangan pikir dua kali untuk membawanya pulang karena bau tersebut menandakan rasanya manis.
  4. Sama seperti, melon pun kerap disandingkan dengan semangka sebagai makanan penutup. Untuk memilih melon mana yang baik pilihlah yang kulitnya bersih dan jangan pilih yang ada bagian memar atau lunak (seperti sudah membusuk), namun juga jangan pilih yang terlalu keras karena dikhawatirkan belum matang.
  5. Dibandingkan dengan yang lain, jeruk dan apel relative lebih popular di masyarakat. Tentu dengan beragam manfaat terutama vitamin C yang tinggi, dua jenis buah ini begitu banyak dikonsumsi dan dijual di pasar. Memilih jeruk atau apel mana yang segar, pilihlah yang berat karena kandungan air yang banyak didalamnya.
  6. Secara umum, untuk buah-buahan yang lain ciumlah buah yang akan dibeli dan pastikan baunya harum. Jika tidak dapat mencium bau apa pun pada buah maka anda bisa curiga kalau buah tersebut tidak matang.

Sumber : Kompas (Klasika) – Kamis, 19 Januari 2006 

Popular posts from this blog

Resolusi 2023

NAMA ILMIAH PADI – JAGUNG – KEDELAI

Nama Ilmiah Cabai