EFEK SAMPING SODA BAGI KESEHATAN

ilustrasi
Soda memang sangat disukai banyak orang. Rasanya yang manis dan menyegarkan membuat semua usia menyukai minuman ini. Namun Anda harus berhati-hati karena ada efek samping dari soda yang berbahaya.
Anda harus mulai mengurangi konsumsi soda, baik pada diri sendiri atau orang-orang terdekat. Pasalnya saat ini banyak ditemukan efek buruk dari konsumsi soda pada tubuh. Berikut ini efek bahaya dari konsumsi soda, seperti yang dilansir Magforwoman.

Kerusakan Enamel
Soda memang terasa lezat di mulut Anda. Soda ternyata dapat melarutkan enamel gigi anda secara perlahan. Lebih banyak soda yang dikonsumsi semakin banyak pula enamel Anda terlarutkan. Jika enamel terus menerus dilarutkan, maka akan timbul pembusukan pada dasar gigi dan bisa mencapai akar yang membuat gigi anda rusak pada akhirnya.

Masalah Reproduksi
Ada lapisan resin pada kaleng soda yang mengandung bahan kimia yang menyebabkan kerusakan serius pada system endokrin. Ini dapat memicu pubertas dini dan kelainan reproduksi.

Osteoporosis
Asam fosfat dalam soda sering dikaitkan dengan peningkatan resiko osteoporosis. Saat fosfat meninggalkan tubuh dalam bentuk urin, fosfat tersebut membawa serta kalsium dalam tubuh Anda keluar. Ini yang menyebabkan kerusakan tulang.

Kegemukan
Soda yang Anda konsumsi memiliki kadar gula yang cukup tinggi. Anda mungkin merasa baik-baik saja, padahal Anda sedang mengkonsumsi kalori kosong tinggi. Kelebihan gula ini bisa membuat Anda terkena resiko diabetes.
Sumber : Pare Pos, Rabu 28 November 2012, hal. 15

Popular posts from this blog

Resolusi 2023

NAMA ILMIAH PADI – JAGUNG – KEDELAI

Nama Ilmiah Cabai